Lates update

Menu

SNMPTN

SNMPTN adalah seleksi perguruan tinggi yang bergengsi di seluruh Indonesia. Bagaiamana tidak, SNMPTN, memudahkan para siswa untuk tidak bepergian jauh untuk seleseksi Perguruan Tinggi. Diwaktu saya menulis ini, saya melihat di Twitter dengan mention SNMPN sudah mulai ramai sekali.
Banyak anak atau guru yang sudah mulai sibuk menyiapkan UN dan SBMPTN sebagai fokus utama, namun banyak yang lupa bahwa SNMPTN juga sangat penting buat di persiapkan .
Kenapa saya katakan kalau SNMPTN itu penting banget ? Ya , Tentunya kaian tahu kalau kuota di jalur ini paling gde di banding jalur SBMPTN atau Seleksi Mandiri. Tahun kemarin, Pemerintah saja memberikan kuota untuk mahasiswa baru PTN sebesar 50% untuk SNMPTN saja , 30% untuk SBMPTN , dan sisanya dialokasikan terserah kebijakan PTN. Artinya ada setengah atau mungkin bahkan lebih kuota yang di butuhkan lewat jalur SNMPTN atau yang biasa di sebut jalur undangan ini. Nah maka dari itu SNMPTN itu merupakan jalan emas mendapatkan bangku kuliah di SNMPTN tanpa harus berdarah di SBMPTN atau bahkan jalur mandiri.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Meskipun jalur ini menyediakan kuota penerimaan terbesar, bukan berarti pula lo bakal gampang diterima begitu aja, diperlukan strategi memilih jurusan, PTN dan beberapa pertimbangan lain yang mana hal itu bakalcomplicated banget nanti. Oleh karena itu, belajar dari pengalaman alumni yang lolos ataupun ga lolos SNMPTN merupakan hal yang wajib. Dari pengalaman mereka, lo bisa dapet insight yang mungkin belum sempet kepikiran pada saat sekarang.
Beberapa saat setelah pengumuman SNMPTN 2015 lalu, gue sempat ngadain survei. Dalam survei tersebut, para alumni yang diterima ga lupa memberikan saran dan tips tentang pemilihan jurusan SNMPTN, pemilihan universitas, strategi milih jurusan di SNMPTN, dan lain-lain. Dari sekitar 1900an responden, gue memilih 15 saran yang bisa lo contoh. Namun yang perlu diingat, semua saran dan tips di dalam ini berdasarkan pengalaman mereka, bukan berarti pasti bener atau harus diikuti. Silakan dicatat poin-poin yang menurut lo penting.

Share This:

Post Tags:

Pinokio

I'm Pinokio anda I'm Blogger.

No Comment to " SNMPTN "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM