Lates update

Menu

Kuliah jurusan Psikologi. Apa syarat-syaratnya. ?

Psikologi adalah suatu program ilmu yang mempelajari penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Tidak hanya membahas tentang apa yang kita lakukan dan bagaimana kita dalam berperilaku. Tapi juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik semua tindakan kita. Mulai dari persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal. Teori informasi psikologi setiap kali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam rangkaian kegiatan atau aktivitas manusia yang luas.

Kata Psikologi dapat diartikan juga sebagai ilmu jiwa, psikologi di ambil dari bahasa latin “psychologia”. Kata ini di gunakan pertama kali di akhir abad 15 sampai dengan awal abad 16 oleh Marlo Marulic. Pada zaman modern ini, terdapat berbagai macam teori yang di gali di jurusan Psikologi, mulai dari fungsionalisme, psikoanalisa, dan kognitivisme, semuanya itu menjadi topik pada jenjang sarjana dan pascasarjana.


Apakah Jurusan ini tepat untuk saya ?

Tanyakan pada diri anda, apakah anda mempunyai minat untuk mengerti semua tentang teman anda ? Apakah anda tertarik mengetahui apa yang terjadi pada orang lain ?Apakah anda mempunyai minat untuk mengetahui mengapa diri anda berperilaku seperti sekarang ini ? Jika semua jawabanya “YA” maka Psikologi merupakan disiplin ilmu yang sangat cocok untuk anda.
Tapi jurusan psikologi tidak hanya membutuhkan mahasiswa yang mempunyai minat yang tinggi dalam bidang psikologi , tapi peru di ingat psikologi juga membutuhkan orang yang mempunyai daya analisa yang kuat, dapat mengaplikasi dan menginterpretasi berbagai teori psikologi pada semua kasus di kehidupan nyata.
Mahasiswa yang memilih disiplin ilmu ini juga akan mendalami ilmu dengan waktu belajar di ruang kuliah maupun di luar jam kuliah. Bekerja keras dan bisa memotivasi diri sendiri juga di perlukan.



Prospek Kerja


Hampir semua mahasiswa mengambil jurusan Psikologi karena ingin berkarir di dalam dunia konseling dan sejenisnya. Mulai dari pekerjaan misalnya adalah psikolog klinis sampai dengan psikolog perusahaan., terdapat beragam jenjang prospek kerja yang tersedia bagi para lulusan dengan nilai yang memuaskan di psikolgi, baik di sektor swasta maupun sektor pemerintahan.
Selain itu juga masuk pada bidang pelaksanaan hukum merupakan pilihan pekerjaan bagi sebagian lulusan jursan psikologi. Psikologi forensik seringkali dibutuhkan dalam ketuan kepolisian untuk mengerti pikiran para pembuat kriminal , dan mereka kerap kali membantu memecahkan kasus kejahatan di lingkungan masyarakat.
Pekerjaan di luar bidang ilmu psikologi juga dapat menjadi pilihan , karena ilmu yang didapat dalam mengerti orang beserta perilakunya yang di dapatkan selama kuliah psikologi, para alumi psikologi bisa bekerja di bidang seperti manajemen ritel dan peran sumber daya manusia , dan juga kegiatan sosial. Prospek kerja lulusan psikologi memang tidak terbatas.


Bagaimana proses perkuliahannya ?

Psikologi adalah jurusan yang dapat dipelajari pada jenjang sarjana ataupun pascasarjana, yang berarti terdapat banyak pilihan modul tersedia bagi mereka yang berminat mengambil spesialisasi. Biasanya program pascasarjana membutuhkan waktu minimal 1 tahun (untuk penuh waktu, untuk mendapatkan gelar MA) dan program sarjana membutuhkan waktu minimal 3-4 tahun.
Kebanyakan universitas mengaharuskan mahasiswanya aktif menunjukan keahlian mereka dalam menganalisa selain minat pada psikologi. Nilai mata pelajaran sebelum nya, seperti sejarah, bahasa inggris, bahkan biologi , dapat meningkatkan penerimaan anda anda di suatu Universitas.
Sebagian besar universitas mengharuskan mahasiswa untuk menunjukkan keahlian analisa mereka selain minat pada psikologi. Nilai mata pelajaran sebelumnya, seperti bahasa Inggris, sejarah, psikologi atau bahkan biologi, dapat meningkatkan kesempatan penerimaan Anda di suatu universitas. Program sarjana mewajibkan mahasiswanya memiliki nilai 3 nilai As, sedangkan pada program pascasarjana, mahasiswa diwajibkan memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1 pada mata pelajaran yang berhubungan dengan psikologi.
Bagi para mahasiswa asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0.


Kampus mana yang cocok ?


Universitas memiliki persyaratan khusus bagi calon mahasiswa-mahasiswanya. Untuk program sarjana, para calon mahasiswa biasanya sangat di harapakan memiliki nilai A-levels pada mata pelajaran tertentu..Persyaratan untuk program pascasarjana adalah memiliki gelajar sarjanan dengan predikat 2:1. Sebelum anda memutuskan untuk memilih studi ilmu yang anda inginkan , pastikan dahulu anda dapat memenuhisegala persyaratanya.
Saat Anda mendaftar pada jurusan psikologi, penting bagi Anda untuk tidak hanya memeriksa pilihan modul yang tersedia, namun juga untuk pengalaman praktek yang disediakan universitas selama kuliah. Apakah ada pilihan untuk penempatan kerja selama kuliah? Kebanyakan universitas membina hubungan baik dengan rumah sakit dan tempat praktek pribadi yang tidak hanya akan memberikan mahasiswa pengalaman praktek, namun juga kesempatan karir yang beragam.
Saat anda mendaftar pada jurusan psikologi, penting bagi anda untuk tidak hanya memeriksa pilihan modul yang tersedia, namun juga diharapkan praktek yang disediakan Universitas selama masa kuliah.
Penting juga bagi anda untuk memilih lokasi yang cocok untuk anda selama masa kuliah, terutama jika anda tinggal jauh dari rumah atau biasa disebut merantau anak kuliah. Tentu sajaperkuliahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika anda mengalami masalah keuangan , jangan kawatir karena di bangku perkuliahan banyak sekali beasiswa yang di tawarkan baik dari Negeri maupun Swasta. Diharapkan anda harus berupaya untuk mendapat hasil yang maksimal saat kuliah. Pilihlah lokasi dimana Anda bisa berkembang secara baik secara akademis maupun emosional.
Penting juga bagi Anda untuk memilih lokasi yang menyenangkan selama masa kuliah, terutama jika Anda tinggal jauh dari rumah. Tentu saja perkuliahan Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka selain Anda harus berupaya untuk mendapat hasil yang maksimal selama kuliah.



Share This:

Pinokio

I'm Pinokio anda I'm Blogger.

2 komentar to ''Kuliah jurusan Psikologi. Apa syarat-syaratnya. ?"

ADD COMMENT
  1. Psikologis ng jurusan yg bagus.. Dan cicok buat saya

    BalasHapus
  2. Psikologis ng jurusan yg bagus.. Dan cicok buat saya

    BalasHapus

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM